Langsung ke konten utama

Resume Jurnal (Teknologi Perbenihan)

SISTEM TANAM DAN UMUR BIBIT PADA TANAMAN PADI SAWAH (Oryza sativa L.) VARIETAS INPARI 13

Fita Anggraini, Agus Suryanto, Nurul Aini

JURNAL PRODUKSI TANAMAN Vol. 1 No. 2 Mei 2013

  • Permasalahan
1. Kompetisi dalam pemanfaatan sumber daya lahan dan air.
2. Konversi lahan non petanian di Jawa menyebabkan produksi pertanian semakin sempit.
3. Meningkatkan efisiensi dan optimalisasi pemanfaatan sumber daya lahan.
  • Solusi Masalah
Pengaturan sistem tanam dan umur bibit yang tepat, serta penggunaan varietas unggul.
  • Tujuan Penelitian
Untuk mempelajari pengaruh sistem tanam dan umur bibit yang tepat sehingga dapat meningkatkan produksi padi sawah (Oryza sativa L.) varietas Inpari 13.
  • Metode Penelitian
Menggunakan Rancangan Petak Terbagi (RPT) yang di susun secara faktorial dengan 2 ulangan. Sistem tanam diletakkan sebagai petak utama, terdiri dari sistem tegel dan sistem jajar legowo.
  • Hasil Penelitian
1. Jumlah anakan 
Pada perlakuan sistem tanam memberikan pengaruh nyata pada umur 30 hst. Sedangkan pada perlakuan umur bibit berpengaruh nyata pada umur 50, 60 dan 70 hst. Perlakuan sistem tanam memberikan pengaruh nyata pada pengamatan 30 hst, dimana sistem tanam jajar legowo menghasilkan jumlah anakan yang lebih banyak daripada sistem tanam tegel. Pada pengamatan 50, 60, dan 70 hst perlakuan umur bibit 7 hari mampu meningkatan jumlah anakan padi dan tidak berbeda nyata dengan umur bibit 14 hari.

2. Indeks luas daun
Perlakuan sistem tanam memberikan pengaruh nyata pada pengamatan 50 hst dimana perlakuan sistem tanam jajar legowo memiliki indeks luas daun yang lebih tinggi daripada sistem tanam tegel. Sementara itu pada perlakuan umur bibit pengamatan 50 dan 60 hst, umur bibit 7 hari mampu meningkatkan indeks luas daun padi dan tidak berbeda nyata dengan umur bibit 14 hari.

3. Bobot kering total tanaman
Perlakuan umur bibit memberikan pengaruh nyata pada pengamatan 50, 60 dan 70 hst, dimana umur bibit 7 hari mampu meningkatkan bobot kering total tanaman padi dan tidak berbeda nyata dengan umur bibit 14 hari.

4. Pengamatan panen
Perlakuan sistem tanam jajar legowo mampu meningkatkan produksi gabah dibandingkan sistem tanam tegel. Sementara itu perlakuan umur bibit pada komponen jumlah malai per rumpun, produksi gabah ton/ha, bobot gabah per rumpun dan indeks panen, umur 7 hari memiliki nilai yang tinggi dan tidak berbeda nyata dengan umur bibit 14 hari.
  • Kesimpulan
Sistem tanam jajar legowo mampu meningkatkan produksi padi sawah bila dibandingkan sistem tanam tegel. Tanaman padi dengan perlakuan umur bibit 7 dan 14 hari mampu meningkatkan jumlah malai per rumpun, bobot gabah per rumpun, produksi GKG ton/ha bila dibandingkan umur bibit 21 dan 28 hari. Penggunaan umur bibit tua yaitu 21 dan 28 hari masih dapat dilakukan namun menurunkan hasil tanaman padi bila dibandingkan umur bibit muda 7 dan 14 hari.



Link Jurnal:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Jawaban HTML dan CSS

Soal 1. Apa yang dimaksud dengan HTML ? 2. Sebutkan tag-tag HTML yang kalian ketahui beserta fungsinya ! 3. Apa yang dimaksud dengan CSS ? 4. Sebutkan tipe atau jenis selector pada CSS dan sebutkan contohnya ! 5. Buatkan code tabel pada HTML ! Jawaban : 1. Hyper Text Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markah yang       digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai    informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks    sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan    tampilan wujud yang terintegerasi. 2. > Tag HTML Dasar      <html>       : Mendefinisikan sebuah dokumen html      <body>      : Mendefinisikan badan HTML      <head>      : Mendefinisikan head dokumen        <h1> … <h6>   : Mendefinisikan bagian atas heading      <p>         : Membuat paragraph baru        <br>        : Menamahkan baris baru        <hr>    

KONDISI AIR TANAH

Kondisi Air Tanah Air tanah adalah sejumlah air di bawah permukaan bumi yang dapat dikumpulkan dengan sumur sumur, terowongan atau sistem drainase atau dengan pemompaan. Dapat juga disebut aliran yang secara alami mengalir ke permukaan tanah melalui pancaran atau rembesan (Bouwer, 1978; Freeze dan Cherry, 1979; Kodoatie, 1996). Air tanah adalah air yang menempati rongga-rongga dalam lapisan geologi. Lapisan tanah yang terletak di bawah permukaan tanah dinamakan daerah jenuh ( saturated zone ) (Soemarto, 1989). Air yang berada pada zona jenuh adalah bagian dari keseluruhan air sub permukaan yang biasa disebut air tanah ( groundwater ). Air bawah tanah ( underground water dan sub terranean water )adalah istilah lain yang digunakan untuk air yang berada pada zona jenuh, namun istilah yang lazim digunakan adalah air tanah (Johnson, 1972). Air tanah ( groundwater ) merupakan air di bawah muka air tanah dan berada pada zona jenuh air dan menurut Davis dan De Wiest (1

KELEMBABAN UDARA (SIKLUS HIDROLOGI)

KELEMBABAN UDARA (SIKLUS HIDROLOGI) •      Kelembaban udara menyatakan tentang jumlah atau banyaknya uap air yang terkandung dalam atmosfer pada suatu saat dan tempat tertentu. •     Uap air merupakan unsur atmosfer yang memegang peranan penting dalam terjaminnya kelestarian sumber daya cuaca/iklim. •       Tekanan uap air merupakan tekanan bagian uap air yang ada dalam kolom udara sebagai bagian dari massa udara (uap air dan udara kering) pada suhu dan tekanan tertentu. PERNYATAAN KELEMBABAN UDARA v   Kelembaban Mutlak (AH) adalah massa uap air yang terkandung dalam satu satuan volume udara atau perbandingan antara massa uap air (mv) dengan volume (v) yang ditempati oleh uap air tersebut.             v   Tidak lazim digunakan untuk menjelaskan permasyalahan iklim karena kejadiannya dalam kondisi terkontro atau tertutup seperti di laboratorium. v   Kelembaban Jenis atau Kelembaban Spesifik (SH)  perbandingan massa uap air (mv) dengan massa udara le