Langsung ke konten utama

KELEMBABAN UDARA (SIKLUS HIDROLOGI)

KELEMBABAN UDARA

(SIKLUS HIDROLOGI)


    Kelembaban udara menyatakan tentang jumlah atau banyaknya uap air yang terkandung dalam atmosfer pada suatu saat dan tempat tertentu.
   Uap air merupakan unsur atmosfer yang memegang peranan penting dalam terjaminnya kelestarian sumber daya cuaca/iklim.
     Tekanan uap air merupakan tekanan bagian uap air yang ada dalam kolom udara sebagai bagian dari massa udara (uap air dan udara kering) pada suhu dan tekanan tertentu.

PERNYATAAN KELEMBABAN UDARA

v  Kelembaban Mutlak (AH) adalah massa uap air yang terkandung dalam satu satuan volume udara atau perbandingan antara massa uap air (mv) dengan volume (v) yang ditempati oleh uap air tersebut.

           


v  Tidak lazim digunakan untuk menjelaskan permasyalahan iklim karena kejadiannya dalam kondisi terkontro atau tertutup seperti di laboratorium.
v  Kelembaban Jenis atau Kelembaban Spesifik (SH)  perbandingan massa uap air (mv) dengan massa udara lembab, yaitu massa udara kering (md) bersama-sama uap air tersebut (mv).
       


v  Nisbah Campuran ( r ) adalah massa uap air dibandingkan dengan massa udara kering.



v  Kelembaban Nisbi atau Kelembaban Relatif (RH) adalah perbandingan antara jumlah uap air yang ada di udara dengan jumlah maksimum uap air yang dikandung udara pada suhu dan tekanan yang sama.


      Ket :
            e : tekanan uap air (mb)
            es: tekanan uap jenuh (mb)

Evaporasi

v  Evaporasi adalah proses perubahan fase air yang terkandung dalam suatu larutan (cair) maupun dalam bentuk padatan menjadi uap.
v  Nilai evaporasi dikendalikan oleh faktor cuaca seperti radiasi, suhu, kelembaban, angin dan panas laten serta bentuk permukaan yang berevaporasi.
v  Selain evaporasi, sumber uap air atmosfer berasal dari transpirasi yaitu pergerakan air dari dalam tanah melalui bulu-bulu akar, jaringan vaskuler daun maupun jaringan lain kemudian keluar dari tanaman melalui stomata atau jaringan kutikula menuju atmosfer.
v  Secara umum evaporasi diartikan sebagai penguapan yang terjadi pada permukaan tanah dan air yang diakibatkan oleh pemanasan lingkungan.
v   Diartikan juga sebagai penguapan yang terjadi dari permukaan air (seperti laut, danau, dan sungai), permukaan tanah (genangan air di atas tanah dan penguapan dari permukaan air tanah yang dekat dengan permukaan tanah), dan permukaan tanaman (intersepsi)

Transpirasi

  Ø  Transpirasi adalah proses penguapan yang ada di tanaman/sel hidup.
  Ø  Yang mempengaruhi kecepatan transpirasi adalah :
ü  Pertumbuhan pucuk
ü  Kecepatan respirasi/metabolisme
ü  Luas area
ü  Suhu atau radiasi

Evapotranspirasi

v Evapotranspirasi adalah gabungan kedua proses hilangnya air melalui evaporasi di permukaan air dan transpirasi melalui daun.
v  Laju evaporasi dan evapotranspirasi padasuatu daerah dipengaruhi oleh berbagai faktor dan secara umum dibagi menjadi dua faktor.
1.      Kelembaban uap air pada permukaan yang berevaporasi.
2.      Faktor meteorologi (radiasi matahari, suhu udara, kecepatan angin dan kelembaban udara)



PENGUKURAN KELEMBABAN UDARA

v  Alat ukur kelembaban udara didasarkan atas prinsip termodinamika yang disebut psikrometer (termometer bola basah dan termometer bola kering).
v  Beberapa macam psikrometer: psikrometer sangkar, psikrometer Assman dan psikrometer putar.
v  Di antara ketiga jenis psikrometer, psikrometer Assman merupakan jenis yang paling tinggi tingkat ketelitiannya dibanding tipe sangkar maupun putar.
v  Selain menggunakan psikrometer, kelembaban udara dapat diukur dengan higrometer.


SIKLUS HIDROLOGI SECARA DESKRIPTIF

Menggambarkan deskripsi tentang proses pergerakan air dalam segala fasenya untuk menjadi air kembali

SIKLUS HIDROLOGI SECARA KUALITATIF

Siklus Hidrologi untuk lintang rendah (Tropik)


SIKLUS HIDROLOGI SECARA KUALITATIF

Siklus Hidrologi untuk lintang tinggi (Temperate)




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Jawaban HTML dan CSS

Soal 1. Apa yang dimaksud dengan HTML ? 2. Sebutkan tag-tag HTML yang kalian ketahui beserta fungsinya ! 3. Apa yang dimaksud dengan CSS ? 4. Sebutkan tipe atau jenis selector pada CSS dan sebutkan contohnya ! 5. Buatkan code tabel pada HTML ! Jawaban : 1. Hyper Text Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markah yang       digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai    informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks    sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan    tampilan wujud yang terintegerasi. 2. > Tag HTML Dasar      <html>       : Mendefinisikan sebuah dokumen html      <body>      : Mendefinisikan badan HTML      <head>      : Mendefinisikan head dokumen        <h1> … <h6>   : Mendefinisikan bagian atas heading      <p>         : Membuat paragraph baru        <br>        : Menamahkan baris baru        <hr>    

KONDISI AIR TANAH

Kondisi Air Tanah Air tanah adalah sejumlah air di bawah permukaan bumi yang dapat dikumpulkan dengan sumur sumur, terowongan atau sistem drainase atau dengan pemompaan. Dapat juga disebut aliran yang secara alami mengalir ke permukaan tanah melalui pancaran atau rembesan (Bouwer, 1978; Freeze dan Cherry, 1979; Kodoatie, 1996). Air tanah adalah air yang menempati rongga-rongga dalam lapisan geologi. Lapisan tanah yang terletak di bawah permukaan tanah dinamakan daerah jenuh ( saturated zone ) (Soemarto, 1989). Air yang berada pada zona jenuh adalah bagian dari keseluruhan air sub permukaan yang biasa disebut air tanah ( groundwater ). Air bawah tanah ( underground water dan sub terranean water )adalah istilah lain yang digunakan untuk air yang berada pada zona jenuh, namun istilah yang lazim digunakan adalah air tanah (Johnson, 1972). Air tanah ( groundwater ) merupakan air di bawah muka air tanah dan berada pada zona jenuh air dan menurut Davis dan De Wiest (1