Langsung ke konten utama

RAKORNAS PEMUDA TANI HKTI

Assalamualaikum,

               Rabu, 28 Maret 2018, Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) mengadakan acara Rakornas Pemuda Tani di Smesco lantai 4 Jalan Gatot Subroto Kav 94, Jakarta Selatan sebagai ajang berkumpulkan petani muda generasi milenial. Tujuan diadakan acara ini adalah membangkitkan semangat para pemuda untuk ikut bertani, memunculkan generasi pemuda tani dan meningkatkan produk unggul pertanian.
          Acara Rakornas ini dihadiri oleh Menteri Pertanian, Menteri Pemuda dan Olahraga, dan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah.
            Acara dimulai dengan sambutan Ketua Umum Pemuda Tani HKTI yaitu Rina Sa'adah, Lc., M. Si, beliau berharap acaranya Rakornas dapat melahirkan bibit-bibit manusia yang berkualitas yang juga bercita-cita ingin mengembalikan kejayaan Indonesia sebagai negara agraris terbesar di dunia.
      Selanjutnya sambutan dari Menteri Pertanian Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, beliau menyampaikan "Kalau pertanian kita ingin bersaing, pemuda harus ikut bertani. Kita harus gunakan teknologi modern. Beralih dari pertanian tradisional ke pertanian modern. Dengan begitu, ini akan menarik pemuda". Mentan juga menyampaikan sedikit materi tentang 'Changing Policies and Regulation' yang berisi mengenai: Penyempurnaan Regulasi dan Penataan SDM Manajemen, (1) Revisi Perpers 172/2014; (2) Anggaran 2014-2018; (3) Water Management Systems; (4) Long Storage di Kabupaten Indramayu; (5) Embung di Taiwan; (5) Bantuan Benih di Luar Eksisting; (6) Gerakan Pemuda Tani Indonesia; (7) New Inventions in Mechaninary and Equipment; (8) Reformasi Mental SDM Pertanian; (9) Menuju Lumbung Pangan 2045; (10) Lahan Hasil Pengembangan Lahan Rawa Lebak; (11) Ekspor Beras dari Entikong ke Malaysia Oktober 2017; (12) Ekspor Jagung ke Filiphina, dan masih banyak lagi.
            Dilanjutkan sambutan dari Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, menurutnya dahulu banyak anak muda terjun ke sawah berlumpur, namum kita hal itu jarang ditemui. Terakhir adalah sambutan dari Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah.
        Acara selanjutnya adalah diskusi Sesi I "Regenerasi Petani Muda Melalui Inovasi" yang dipimpin oleh Moderator Olek Sholeh dengan beberapa narasumberyaitu:
1. Andreas Sanjaya (Co-Founder I-Grow)
2. Agung Wedha (Owner Bali Organikultur)
> 3 Bidang Usaha: (a) pupuk, mengenai pembibitan dengan pupuk organik dan sudah mengekspor; (b) BOS (Bali Organik Subak), mengenai development, pascapanen; (c) RMS (Radja Manggis Sejati), sebagai ekspor manggis.
3. Mahendra Sitepu ( Founder Pak Tani Digital)
4. Rafael Jeffry A. Sani ( CSO TukangSayur.co)
5. Dian Kresna (Dirut Gendis Gemilang Sejahtera)

Dokumentasi Rakornas HKTI

Sekian dan terimakasih.

#aettrilogi16

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Jawaban HTML dan CSS

Soal 1. Apa yang dimaksud dengan HTML ? 2. Sebutkan tag-tag HTML yang kalian ketahui beserta fungsinya ! 3. Apa yang dimaksud dengan CSS ? 4. Sebutkan tipe atau jenis selector pada CSS dan sebutkan contohnya ! 5. Buatkan code tabel pada HTML ! Jawaban : 1. Hyper Text Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markah yang       digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai    informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks    sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan    tampilan wujud yang terintegerasi. 2. > Tag HTML Dasar      <html>       : Mendefinisikan sebuah dokumen html      <body>      : Mendefinisikan badan HTML      <head>      : Mendefinisikan head dokumen        <h1> … <h6>   : Mendefinisikan bagian atas heading      <p>         : Membuat paragraph baru        <br>        : Menamahkan baris baru        <hr>    

KONDISI AIR TANAH

Kondisi Air Tanah Air tanah adalah sejumlah air di bawah permukaan bumi yang dapat dikumpulkan dengan sumur sumur, terowongan atau sistem drainase atau dengan pemompaan. Dapat juga disebut aliran yang secara alami mengalir ke permukaan tanah melalui pancaran atau rembesan (Bouwer, 1978; Freeze dan Cherry, 1979; Kodoatie, 1996). Air tanah adalah air yang menempati rongga-rongga dalam lapisan geologi. Lapisan tanah yang terletak di bawah permukaan tanah dinamakan daerah jenuh ( saturated zone ) (Soemarto, 1989). Air yang berada pada zona jenuh adalah bagian dari keseluruhan air sub permukaan yang biasa disebut air tanah ( groundwater ). Air bawah tanah ( underground water dan sub terranean water )adalah istilah lain yang digunakan untuk air yang berada pada zona jenuh, namun istilah yang lazim digunakan adalah air tanah (Johnson, 1972). Air tanah ( groundwater ) merupakan air di bawah muka air tanah dan berada pada zona jenuh air dan menurut Davis dan De Wiest (1

KELEMBABAN UDARA (SIKLUS HIDROLOGI)

KELEMBABAN UDARA (SIKLUS HIDROLOGI) •      Kelembaban udara menyatakan tentang jumlah atau banyaknya uap air yang terkandung dalam atmosfer pada suatu saat dan tempat tertentu. •     Uap air merupakan unsur atmosfer yang memegang peranan penting dalam terjaminnya kelestarian sumber daya cuaca/iklim. •       Tekanan uap air merupakan tekanan bagian uap air yang ada dalam kolom udara sebagai bagian dari massa udara (uap air dan udara kering) pada suhu dan tekanan tertentu. PERNYATAAN KELEMBABAN UDARA v   Kelembaban Mutlak (AH) adalah massa uap air yang terkandung dalam satu satuan volume udara atau perbandingan antara massa uap air (mv) dengan volume (v) yang ditempati oleh uap air tersebut.             v   Tidak lazim digunakan untuk menjelaskan permasyalahan iklim karena kejadiannya dalam kondisi terkontro atau tertutup seperti di laboratorium. v   Kelembaban Jenis atau Kelembaban Spesifik (SH)  perbandingan massa uap air (mv) dengan massa udara le