Langsung ke konten utama

PETUALANGAN MAHASISWA PERTANIAN PART 1

Kunjungan ke Departemen Proteksi Tanaman

Assalamualaikum sahabat,
Senin, 8 Januari 2018

Kami mahasiswa Agroekoteknologi melakukan kunjungan ke Departemen Proteksi Tanaman di IPB
1.      Lab Mikologi Tumbuhan
Dipandu oleh: Bapak Agus Surahmat Sp.
Di lab ini menangani masalah cendawan pada tanaman. Cara untuk menelitinya adalah:
·         Pemurnian
a.       Isolasi petridis yang tahan selamA 1 bulan, alat yang digunakan adalah laminer. Media yang digunakan adalah PDA. Cara pembuatan PDA: 1 liter air ditambahkan 2 bungkus agar-agar lalu tambahkan gula dan 200 gram kentang (ambil airnya saja), setelah itu tuang ke dalam petridis di ruangan yang steril.
b.      Tabung reaksi, caranya adalah dengan mengawetkan pada suhu 300C, untuk menghambat perkembangan cendawan. Pengawetan ini hanya bertahan selalma 1 tahun.

#untuk mengetahui jenis cendawan dapat dilihat langsung dari tanamannya.
# alasan menggunakan media agar-agar adalah karena agar-agar sangat baik dalam pertumbuhan cendawan dan media agar-agar hanya untuk cendawan.

Pak Agus

Cendawan Trichoderma sp. (cendawan menguntungkan)

2.      Lab Bakteriologi Tumbuhan
Lab ini untuk mengetahui jenis bakteri yang baik dan jahat. Selain itu lab ini juga digunakan untuk mengidentifikasi bakteri, eksplorasi bakteri dan pengujian-pengujian untuk mengatasi bakteri jahat pada tanaman.
Digunakan untuk identifikasi artinya penguji bisa mengetahui cara membiakkan, morfologi, warna, genus dan famili bakteri yang dapat diuji dengan uji molekuler. Media yang digunakan adalah media padat dan cair.



3.      Lab Nematologi
Dipandu oleh: Bapak Dani
Nematoda adalah mikrofauna yang berupa benang. Di lab ini pak Dani menjelaskan tentang cara mengekstraksi Nematoda. Ekstraksi Nematoda di bagi menjadi tiga:
1.      Dari Tanah
Nematoda yang berasal dari tanah di ektraksi menggunakan alat yaitu saringan, sebelum di ektraksi tanah di saring terlebih dahulu, setelah di saring tanah di simpan di dalam ember lalu tambahkan air, setelah itu tanah di saring kembali. Simpan tanah dalam gelas dan masukkan ke dalam cenfius.
2.      Dari Akar
Nematoda yang berasal dari akar di ekstraksi menggunakan mesin penggabutan kurang lebih 3  hari. Proses selanjutnya sama seperti ektraksi dari tanah.
3.      Dari Benih
Nematoda yang berasal dari benih di ektraksi
Peran nematoda: sebagai predator, pengendali hama
Nematoda dibagi 3:  Nematoda parasit, endoparasit dan semiparasit
Contoh nematoda endoparasit -> Meloidogyne spp.

Pak Dani

Jenis-jenis Nematoda

Saringan untuk ekstraksi nematoda

4.      Lab Virology
Lab ini menangani peyakit akibat virus pada tanaman.
1.      Metode molekuler
Menggunakan mesin PCR
2.      Metode serologi
Mengunakan mesin elektroforesis, Elisa reader, Incubator Elisa, pipet mikro

5.      Lab Fisiologi dan Toksikologi Serangga
1.      Pengembangan dan pencarian pestisida botani baru
2.      Pengujuan pestisida yang resisten
Contoh: Mahogani cara pengolahannya diektrak ditambahkan metanol lalu tambahkan emulsi.
3.      Mengembakbiakkan serangga yaitu ulat grayak
Untuk peralihan lahan dari yang menggunakan kimia ke organik membutuhkan waktu selama 5 tahun.

    
Pengembangbiakan Ulat Grayak

6.      Klinik Tanaman
Dipandu oleh: Ibu Ita

Di klinik tanaman ini kegiatan yang dilakukan adalah:
1.      Konsultasi
2.      Identifikasi tanaman
3.      Diagnosa penyakit tanaman
4.      Riset
5.      Pelayanan klinik tanaman keliling

Konsumen yang dilayani bisa dari mahasiswa, perusahaan, LSM, balai dll. Untuk harga yang diberikan berbeda-beda, untuk mahasiswa biasanya gratisss, wahh siapa yang mau nih?

7.      Lab Vertebrata Hama
Lab ini cukup menarik bagi saya, di lab ini terdapat berbagai jenis hama tanaman, ada yang diawetkan basah dan kering serta ada juga yang dipelihara. Contoh koleksi ada musang, luak, tikus, kalong.
1.      Awetan kering
Hewan -> dibedah -> dibersihkan isi perutnya -> di isi kapas sampai padat -> biarkan sampai mengeras.
2.      Awetan basah
Menggunakan formalin, merendamnya dalam formalin untuk menghancurkan lemak-lemak, setelah 1 bulan diganti dengan alkohol 70%.

Awetan basah anak tikus

8.      Museum Serangga
Ini adalah tempat favorit saya nih, karna tempat ini bagus dan kereennn banget. Di museum ini terdapat bermacam-macam koleksi serangga yang diawetkan. Koleksi yang dilakukan mulai dari koleksi kering, basah dan slide.
Penyusunan koleksi bermacam-macam juga, mulai dari famili, jenis hama, sampai jenis serangga unik.
Di museum ini juga menerima untuk mahasiswa yang ingin magang dan melakukan penelitian.
Jenis pengawetan:
1.      Untuk serangga yang besar dan berkulit keras pengawetan bisa dilakukan dengan menyuntiknya dengan alkohol.
2.      Serangga kecil atau lunak cara pengawetannya cukup dengan mencelupkannya ke dalam alkohol.
3.      Selain itu pengawetan juga bisa dilakukan dengan memasukkan serangga ke dalam freezer.


Koleksi Serangga

9.      Lab Biosistematik Serangga
Dipandu leh: Ibu Yani Maharani
Kegiatan yang dilakukan di lab ini adalah meneliti biologi serangga, eksplorasi serangga, jumlah anakan, mengetahui habitat dan paling khusus adalah untuk taksonomi serangga.

10.  Lab Pengendalian Hayati
Dipandu oleh: Kak Ihsan (Aslab)
Di lab ini bisa meneliti jenis serangga musuh alami khususnya parasitoid, mengembangkan musuh alami, perbanyakan trisogarma.

11.  Lab Bionomi dan Ekologi Serangga
1.      Ekologi
2.      Siklus hidup
3.      Indentifikasi serangga yang bukan hama
4.      Biologi serangga


Wah seru ya kunjungan kita di Departemen Proteksi Tanaman, eiitss tidak sampai disini petualangan kita sahabat, selanjutnya kita mengunjungi Balai Tanah di Cimanggu, mau tahu keseruannya, next cekidot part 2... ->->->->->


Wassalamualaikum,
#Agroekoteknologi2016

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Jawaban HTML dan CSS

Soal 1. Apa yang dimaksud dengan HTML ? 2. Sebutkan tag-tag HTML yang kalian ketahui beserta fungsinya ! 3. Apa yang dimaksud dengan CSS ? 4. Sebutkan tipe atau jenis selector pada CSS dan sebutkan contohnya ! 5. Buatkan code tabel pada HTML ! Jawaban : 1. Hyper Text Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markah yang       digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai    informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks    sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan    tampilan wujud yang terintegerasi. 2. > Tag HTML Dasar      <html>       : Mendefinisikan sebuah dokumen html      <body>      : Mendefinisikan badan HTML      <head>      : Mendefinisikan head dokumen        <h1> … <h6>   : Mendefinisikan bagian atas heading      <p>         : Membuat paragraph baru        <br>        : Menamahkan baris baru        <hr>    

KONDISI AIR TANAH

Kondisi Air Tanah Air tanah adalah sejumlah air di bawah permukaan bumi yang dapat dikumpulkan dengan sumur sumur, terowongan atau sistem drainase atau dengan pemompaan. Dapat juga disebut aliran yang secara alami mengalir ke permukaan tanah melalui pancaran atau rembesan (Bouwer, 1978; Freeze dan Cherry, 1979; Kodoatie, 1996). Air tanah adalah air yang menempati rongga-rongga dalam lapisan geologi. Lapisan tanah yang terletak di bawah permukaan tanah dinamakan daerah jenuh ( saturated zone ) (Soemarto, 1989). Air yang berada pada zona jenuh adalah bagian dari keseluruhan air sub permukaan yang biasa disebut air tanah ( groundwater ). Air bawah tanah ( underground water dan sub terranean water )adalah istilah lain yang digunakan untuk air yang berada pada zona jenuh, namun istilah yang lazim digunakan adalah air tanah (Johnson, 1972). Air tanah ( groundwater ) merupakan air di bawah muka air tanah dan berada pada zona jenuh air dan menurut Davis dan De Wiest (1

KELEMBABAN UDARA (SIKLUS HIDROLOGI)

KELEMBABAN UDARA (SIKLUS HIDROLOGI) •      Kelembaban udara menyatakan tentang jumlah atau banyaknya uap air yang terkandung dalam atmosfer pada suatu saat dan tempat tertentu. •     Uap air merupakan unsur atmosfer yang memegang peranan penting dalam terjaminnya kelestarian sumber daya cuaca/iklim. •       Tekanan uap air merupakan tekanan bagian uap air yang ada dalam kolom udara sebagai bagian dari massa udara (uap air dan udara kering) pada suhu dan tekanan tertentu. PERNYATAAN KELEMBABAN UDARA v   Kelembaban Mutlak (AH) adalah massa uap air yang terkandung dalam satu satuan volume udara atau perbandingan antara massa uap air (mv) dengan volume (v) yang ditempati oleh uap air tersebut.             v   Tidak lazim digunakan untuk menjelaskan permasyalahan iklim karena kejadiannya dalam kondisi terkontro atau tertutup seperti di laboratorium. v   Kelembaban Jenis atau Kelembaban Spesifik (SH)  perbandingan massa uap air (mv) dengan massa udara le