Langsung ke konten utama

PERSILANGAN JAGUNG

Assalamualaikum sahabat,

Rabu, 3 Januari 2018

Persilangan Jagung


Mengawali pagi hari, tepatnya di Kebun Bergizi Universitas Trilogi, kami mahasiswa Agroekoteknologi melakukan praktikum mata kuliah pemuliaan tanaman. Dihari itu kami melakukan pemanenan jagung hasil persilangan yang telah kami lakukan sendiri. Jagung yang kami silangkan adalah sesama jagung pulut lokal.

Seperti yang telah diketahui jagung (Zea mays spp.) adalah salah satu tanaman yang menyerbuk silang. Penyerbukan silang adalah jatuhnya serbuk sari (polen) ke kepala putik yang berbeda genotipe. Penyerbukan pada jagung terjadi apabila polen pada bunga jantan menempel pada rambut bunga betina (tongkol). Setelah penyerbukan, warna rambut tongkol berubah menjadi coklat dan kemudian kering.

Cara melakukan menyilangkan jagung:
  1. Pilih bunga betina (tongkol) yang rambut pada tongkolnya belum keluar, potong ujung tongkolnya dan sungkup dengan plastik bening, lalu beri tanda. Penyungkupan dilakukan untuk menghindari vektor meyerbuki bunga bentina.
  2. Pilih bunga jantan yang sudah mulai mekar (polennya belum matang), lalu sungkup dengan kertas stensil, lalu beri tanda. Penyungkupan ini dilalukan untuk menghindari vektor.
  3. Jika bunga betina sudah siap atau rambut pada tongkol sudah tumbuh, maka penyerbukan bisa dilakukan.
  4. Lakukan persilangan dengan menempelkan polen pada putik (rambut bunga betina).
  5. Sungkup kembali bunga betina yang sudah diserbuki agar tidak ada vektor yang menyerbuki.
  6. Beri tanda nama dan tanggal persilangan.

Berikut adalah hasil dari persilangan jagung yang telah kami lakukan yang dikatakan berhasil dan tidak.

Ini adalah hasil perkawinan silang jagung yang dikatakan berhasil, yaitu apabila biji yang tumbuh pada tongkol tidak merata. Satu rambut bunga betina yang diserbuki akan menghasilkan satu biji.

Ini adalah tongkol yang tidak diserbuki oleh polen atau persilangan yang tidak berhasil, hal ini bisa dikarenakan terlalu lama tongkol di sungkul sehingga tidak diserbuki polen atau polen tidak menempel dengan baik pada rambut jagung sehingga tidak terjadi pembuahan.

Ini adalah jagung yang mengalami penyerbukan silang secara alami. Kenapa tongkolnya tidak terisi penuh dengan biji? Karena saat penyerbukan tidak semua rambut bunga betina diserbuki oleh polen.

Ini adalah jagung hasil peryerbukan silang secara alami. Bisa dilihat perbedaanya biji jagung tersusun dengan rapi. Seorang pemulia yang sudah ahli dapat menghasilkan persilangan seperti ini.

Sekian dari saya, semoga bermanfaat ya. Galilah ilmu sebanyak mungkin, supaya pengetahuanmu semakin bertambah.

Wassalamualaikum,

#Agroekoteknologi2016

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Jawaban HTML dan CSS

Soal 1. Apa yang dimaksud dengan HTML ? 2. Sebutkan tag-tag HTML yang kalian ketahui beserta fungsinya ! 3. Apa yang dimaksud dengan CSS ? 4. Sebutkan tipe atau jenis selector pada CSS dan sebutkan contohnya ! 5. Buatkan code tabel pada HTML ! Jawaban : 1. Hyper Text Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markah yang       digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai    informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks    sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan    tampilan wujud yang terintegerasi. 2. > Tag HTML Dasar      <html>       : Mendefinisikan sebuah dokumen html      <body>      : Mendefinisikan badan HTML      <head>      : Mendefinisikan head dokumen        <h1> … <h6>   : Mendefinisikan bagian atas heading      <p>         : Membuat paragraph baru        <br>        : Menamahkan baris baru        <hr>    

KONDISI AIR TANAH

Kondisi Air Tanah Air tanah adalah sejumlah air di bawah permukaan bumi yang dapat dikumpulkan dengan sumur sumur, terowongan atau sistem drainase atau dengan pemompaan. Dapat juga disebut aliran yang secara alami mengalir ke permukaan tanah melalui pancaran atau rembesan (Bouwer, 1978; Freeze dan Cherry, 1979; Kodoatie, 1996). Air tanah adalah air yang menempati rongga-rongga dalam lapisan geologi. Lapisan tanah yang terletak di bawah permukaan tanah dinamakan daerah jenuh ( saturated zone ) (Soemarto, 1989). Air yang berada pada zona jenuh adalah bagian dari keseluruhan air sub permukaan yang biasa disebut air tanah ( groundwater ). Air bawah tanah ( underground water dan sub terranean water )adalah istilah lain yang digunakan untuk air yang berada pada zona jenuh, namun istilah yang lazim digunakan adalah air tanah (Johnson, 1972). Air tanah ( groundwater ) merupakan air di bawah muka air tanah dan berada pada zona jenuh air dan menurut Davis dan De Wiest (1

KELEMBABAN UDARA (SIKLUS HIDROLOGI)

KELEMBABAN UDARA (SIKLUS HIDROLOGI) •      Kelembaban udara menyatakan tentang jumlah atau banyaknya uap air yang terkandung dalam atmosfer pada suatu saat dan tempat tertentu. •     Uap air merupakan unsur atmosfer yang memegang peranan penting dalam terjaminnya kelestarian sumber daya cuaca/iklim. •       Tekanan uap air merupakan tekanan bagian uap air yang ada dalam kolom udara sebagai bagian dari massa udara (uap air dan udara kering) pada suhu dan tekanan tertentu. PERNYATAAN KELEMBABAN UDARA v   Kelembaban Mutlak (AH) adalah massa uap air yang terkandung dalam satu satuan volume udara atau perbandingan antara massa uap air (mv) dengan volume (v) yang ditempati oleh uap air tersebut.             v   Tidak lazim digunakan untuk menjelaskan permasyalahan iklim karena kejadiannya dalam kondisi terkontro atau tertutup seperti di laboratorium. v   Kelembaban Jenis atau Kelembaban Spesifik (SH)  perbandingan massa uap air (mv) dengan massa udara le