Langsung ke konten utama

Mengenal Lebih Jauh Biogas di PT. SWEN INOVASI TRASFER (SIT)

Assalamu’alaikum sahabat,

Jum’at, 18 Januari kami mahasiswa Universitas Trilogi angkatan 2016 dan 2015 berkunjung ke PT. SWEN Inovasi Transfer di Ciomas, Bogor. PT. SWEN merupakan pelopor dalam merancang dan mengembangkan reaktor biogas dari serat kaca (Fiber Glass) yang mulai beroperasi pada tahun 2007.

Biogas yang dimanfaatkan berasal dari kotoran hewan dan kotoran manusia, yang dapat dijadikan kompos san sumber tenaga. Selain mengembangkan pembuatan reaktor, PT. SWEN juga mengadakan peralatan biogas seperti kompor biogas, rice  biogas, lampu biogas, generator biogas, kantong biogas, peralatan penunjang (sekop, tempat sampah, bak air dan masih banyak lagi), serta pelatihan.

 Keunggulan Biogas di PT.SWEN adalah sebagai berikut:
1. Sangat kedap udara dan ringan
2. Sistem knock down dan mudah dalam pemasangan
3. Perawatan prkatis dan tidak mudah tersumbat
4. Mudah dipindahkan apabila tidak digunakan
5. Mudah di renovasi apabila ada kebocoran
6. Tahan terhadap cuaca dan gempa
7. Ketebalan reaktor 5-10 mm
8. Suhu gas yang dihasilkan rata-rata 30,2 derajat celcius
9. Temperatur rata-rata api 749,5 sderajat celcius
10. Tekanan gas 2,1-3,7 bar
11. Menghasilkan pupuk organik berkualitas siap pakai
12. Daya tahan reaktor (digester) 10-20 tahun

Selain itu PT. SWEN mempunyai beberapa tingkat keberhasilan yang telah dilakukan, yaitu:
1. Komitmen dan produk nyata dalam berpartisipasi aktif dsebagai korporat dalam pengembagan teknologi biogas, inovasi pengembangan dan pemanfaatannya.
2. Implementasi sudah tersebar di seluruh Indonesia 34 provinsi, 322 kabupaten dengan total 8000 unit.
3. Upaya mengubah paradigma masyarakat untuk memanfaatkan kotoran sapi menjadi sumber energi yang ramah lingkungan dan memperoleh hasil tambahan.
4. Ikut serta dalam upaya melakukan konservasi dan diversivifkasi energi.
5. Membuka lapangan kerja dan mengimplementasikan Desa Mandiri Energi ramah lingkungan dan berkelanjutan.
6. Memproduksi peralatan rumah tangga dan pertanian tanpa tergantung BBM.
7. Kapasitas reaktor biogas mulai dari 4 M3 untuk skala rumah tangga sampai 100 M3.
8. Telah mendapat penghargaan Energi Pratama 2012 dari kementrian ESDM dan penghargaan Bakti Koperasi dan  2012, UKM Inovatif Terbaik 2014 dalam rangka Menyambut Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015 dari Kementerian Koperasi dan UKM .

Wah keren ya sahabat...

Hewan-hewan yang diternakan di PT. SWEN ini ada sapi, kambing dan juga ayam, selain itu
Hewan-hewan yang diternakan di PT. SWEN ini ada sapi, kambing dan juga ayam, serta terdapat kebun percontohan. Untuk sapi selain memanfaatkan kotorannya juga memanfaatkan urinnya. Kotoran-kotoran hewan tersebut akan diubah menjadi gas biru dan limbahnya bisa dijadikan pupuk.

Jadi, biogas ini dapat dijadikan sebagai energi masa depan yang ramah lingkungan.
Cukup sekian cerita dari saya semoga bermanfaat ya...

Wassalamu’alaikum..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Jawaban HTML dan CSS

Soal 1. Apa yang dimaksud dengan HTML ? 2. Sebutkan tag-tag HTML yang kalian ketahui beserta fungsinya ! 3. Apa yang dimaksud dengan CSS ? 4. Sebutkan tipe atau jenis selector pada CSS dan sebutkan contohnya ! 5. Buatkan code tabel pada HTML ! Jawaban : 1. Hyper Text Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markah yang       digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai    informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks    sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan    tampilan wujud yang terintegerasi. 2. > Tag HTML Dasar      <html>       : Mendefinisikan sebuah dokumen html      <body>      : Mendefinisikan badan HTML      <head>      : Mendefinisikan head dokumen        <h1> … <h6>   : Mendefinisikan bagian atas heading      <p>         : Membuat paragraph baru        <br>        : Menamahkan baris baru        <hr>    

KONDISI AIR TANAH

Kondisi Air Tanah Air tanah adalah sejumlah air di bawah permukaan bumi yang dapat dikumpulkan dengan sumur sumur, terowongan atau sistem drainase atau dengan pemompaan. Dapat juga disebut aliran yang secara alami mengalir ke permukaan tanah melalui pancaran atau rembesan (Bouwer, 1978; Freeze dan Cherry, 1979; Kodoatie, 1996). Air tanah adalah air yang menempati rongga-rongga dalam lapisan geologi. Lapisan tanah yang terletak di bawah permukaan tanah dinamakan daerah jenuh ( saturated zone ) (Soemarto, 1989). Air yang berada pada zona jenuh adalah bagian dari keseluruhan air sub permukaan yang biasa disebut air tanah ( groundwater ). Air bawah tanah ( underground water dan sub terranean water )adalah istilah lain yang digunakan untuk air yang berada pada zona jenuh, namun istilah yang lazim digunakan adalah air tanah (Johnson, 1972). Air tanah ( groundwater ) merupakan air di bawah muka air tanah dan berada pada zona jenuh air dan menurut Davis dan De Wiest (1

KELEMBABAN UDARA (SIKLUS HIDROLOGI)

KELEMBABAN UDARA (SIKLUS HIDROLOGI) •      Kelembaban udara menyatakan tentang jumlah atau banyaknya uap air yang terkandung dalam atmosfer pada suatu saat dan tempat tertentu. •     Uap air merupakan unsur atmosfer yang memegang peranan penting dalam terjaminnya kelestarian sumber daya cuaca/iklim. •       Tekanan uap air merupakan tekanan bagian uap air yang ada dalam kolom udara sebagai bagian dari massa udara (uap air dan udara kering) pada suhu dan tekanan tertentu. PERNYATAAN KELEMBABAN UDARA v   Kelembaban Mutlak (AH) adalah massa uap air yang terkandung dalam satu satuan volume udara atau perbandingan antara massa uap air (mv) dengan volume (v) yang ditempati oleh uap air tersebut.             v   Tidak lazim digunakan untuk menjelaskan permasyalahan iklim karena kejadiannya dalam kondisi terkontro atau tertutup seperti di laboratorium. v   Kelembaban Jenis atau Kelembaban Spesifik (SH)  perbandingan massa uap air (mv) dengan massa udara le