Langsung ke konten utama

HIDROPONIK

Assalamualaikum sahabat,
Hidroponik


Kamis, 02 November 2017, kami mahasiswa Agroekoteknologi 2016 Universitas Trilogi telah melakukan kunjugan ke kebun 'Hidroponik.Ko'e' di daerah Ciputat. Disana kami belajar cara bertanam dengan teknik hidroponik, cara pembuatan talang hidroponik, dan sistem pengairannya.

Hidroponik.ko'e merupakan kebun milik Pak Kunto dan Ibu Gita yang sudah sukses dijalankan selama 8 tahun. Meskipun tempatnya tidak terlalu luas, tetapi usaha ini sudah menghasilkan keuntungan yang cukup besar. Suka duka telah dilewati oleh pak Kunto dan ibu Gita. Hal yang menarik dari kebun Hidroponik.ko'e ini adalah bertanam tanpa naungan atau green house, pak Kunto membiarkan tanamannya terkena sinar matahari langsung karena menurutnya teknik ini membuat tanaman lebih cepat tumbuh dan lebih besar. Sinar matahari langsung membuat proses fotosintesis lebih baik pada tanaman. Terbukti tanaman disana terlihat lebih besar dan segar-segar. Selain itu pak Kunto membuat talang hidroponiknya sendiri, beliau membuat inovasi yang sekarang sudah banyak digunakan. Media tanam yang digunakan dalam proses penyemaian dan penanaman adalah rockwool, benih ditanam tanpa penanbahan nutrisi atau air saat penyemaian, karena di khawatirkan jika rockwool diberi air akan memicu tumbuhnya lumut.

Disana kami diberi materi tentang pengenalan hidroponik dan macam-macam teknik hifroponik.

Teknik Budidaya Pertanian
Organik : bertani dengan menggunakan nutrisi/pupuk yang berasal dari bahan organik.
Hidroponik : bertani dengan menggunakan nutrisi/pupuk yang berasal dari bahan an organik (batuan/mineral).
Konvensional : bertani dengan menggunakan nutrisi/pupuk yang berasal dari bahan organik/an organik.
Penggunaan pupuk an organik memiliki efek terhadap tanah jika digunakan dengan dosis yang berlebih. Pupuk akan terakumulasi/tergumpal dan menjadikan tanah padat.

Kenapa Harus Hidroponik?
ü Bertani dapat dilakukan diberbagai tempat
ü Bertani dapat dilakukan sepanjang tahun tanpa tergantung musim
Syarat utamannya adalah full matahari.
ü Tidak tergantung kondisi dan jenis tanah
ü Produksi lebih bersih dan higienis
ü Terhindar dari segala penyakit yang bersumber dari tanah
ü Pemeliharaan lebih mudah dan terkontrol dengan baik
ü Waktu panen lebih cepat dan hasilnya lebih optimal
ü Menghemat penggunaan air berkisar 90%

Macam Macam Teknik Hidroponik

 1. Wick
Wick System adalah sistem hidroponik paling sederhana. Pada prinsipnya, sistem sumbu ini hanya membutuhkan sumbu yang dapat menghubungkan antara larutan nutrisi pada bak penampung dengan media tanam. Sistem ini adalah sistem yang pasif yang berarti tidak ada bagian yang bergerak. Larutan nutrisi ditarik ke media tanam dari bak/tangki penampung melalui sumbu. Air dan nutrisi akan dapat mencapai akar tanaman dengan memanfaatkan daya kapilaritas pada sumbu.



2. Ebb & Flow
Ebb and Flow System atau disebut juga Flood and Drain System atau Sistem Pasang Surut merupakan salah satu sistem hidroponik dengan prinsip kerja yang cukup unik. Dalam sistem hidroponik ini, tanaman mendapatkan air, oksigen, dan nutrisi melalui pemompaan dari bak penampung yang dipompakan ke media yang nantinya akan dapat membasahi akar (pasang). Selang beberapa waktu air bersama dengan nutrisi akan turun kembali menuju bak penampungan (surut). Waktu pasang dan surut dapat diatur menggunakan timer sesuai kebutuhan tanaman sehingga tanaman tidak akan tergenang atau kekurangan air.



3. Nutrient Film Technique (NFT)
Konsep dasar NFT ini adalah suatu metode budidaya tanaman dengan akar tanaman tumbuh pada lapisan nutrisi yang dangkal dan tersirkulasi sehingga tanaman dapat memperoleh cukup air, nutrisi, dan oksigen. Tanaman tumbuh dalam lapisan polyethylene dengan akar tanaman terendam dalam air yang berisi larutan nutrisi yang disirkulasikan secara terus menerus dengan pompa. Daerah perakaran dalam larutan nutrisi dapat berkembang dan tumbuh dalam larutan nutrisi yang dangkal sehingga bagian atas akar tanaman berada di permukaan antara larutan nutrisi dan styrofoam. Adanya bagian akar dalam udara ini memungkinkan oksigen masih bisa terpenuhi dan mencukupi untuk pertumbuhan secara normal.


4. Floating Hydroponic System (FHS)

Floating Hydroponic System (FHS) yang merupakan sistem hidroponik dengan cara diapungkan adalah suatu budidaya tanaman (khususnya sayuran) dengan cara menanamkan/menancapkan tanaman pada lubang styrofoam yang mengapung di atas permukaan larutan nutrisi dalam suatu bak penampung atau kolam sehingga akar tanaman terapung atau terendam dalam larutan nutrisi.



5. Drip
Drip System atau Drip Irrigation System adalah salah satu jenis sistem hidroponik yang prinsipnya memberikan air dan nutrisi dalam bentuk tetesan yang menetes secara terus menerus sesuai kebutuhan tanaman. Tetesan diarahkan tepat pada daerah perakaran tanaman agar tanaman dapat langsung menyerap air dan nutrisi yang diberikan.



6. Aeroponic
Aeroponic (aeroponik) merupakan salah satu sistem budidaya hidroponik dengan prinsip kerja yaitu air dan nutrisi yang diserap tanaman diberikan dalam bentuk butiran kecil atau kabut. Pengkabutan ini berasal dari pompa di bak penampung yang disemprotkan menggunakan nozzle sehingga nutrisi yang diberikan akan lebih cepat diserap akar tanaman yang digantung.



Rockwool
Rockwool berasal dari batu basalt yang bersifat inert yang dipanaskan sampai mencair kemudian cairan tersebut dispin (diputar) sehingga menjadi benang-benang yang kemudian dipadatkan seperti kain wool yang terbuat dari rock. Rockwool banyak dimanfaatkan untuk produksi bibit tanaman sayuran dan dan tanaman hias.

Di kebun Hidroponik.ko'e saya dan teman-teman banyak mendapat ilmu, mengenal lebih dalam tentang penanaman dengan teknik hidroponik. 






Wassalamualaikum,

#urbanfarming #aettrilogi #hidroponik #pertanianlahansempittrilogi

Sumber:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Jawaban HTML dan CSS

Soal 1. Apa yang dimaksud dengan HTML ? 2. Sebutkan tag-tag HTML yang kalian ketahui beserta fungsinya ! 3. Apa yang dimaksud dengan CSS ? 4. Sebutkan tipe atau jenis selector pada CSS dan sebutkan contohnya ! 5. Buatkan code tabel pada HTML ! Jawaban : 1. Hyper Text Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markah yang       digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai    informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks    sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan    tampilan wujud yang terintegerasi. 2. > Tag HTML Dasar      <html>       : Mendefinisikan sebuah dokumen html      <body>      : Mendefinisikan badan HTML      <head>      : Mendefinisikan head dokumen        <h1> … <h6>   : Mendefinisikan bagian atas heading      <p>         : Membuat paragraph baru        <br>        : Menamahkan baris baru        <hr>    

KONDISI AIR TANAH

Kondisi Air Tanah Air tanah adalah sejumlah air di bawah permukaan bumi yang dapat dikumpulkan dengan sumur sumur, terowongan atau sistem drainase atau dengan pemompaan. Dapat juga disebut aliran yang secara alami mengalir ke permukaan tanah melalui pancaran atau rembesan (Bouwer, 1978; Freeze dan Cherry, 1979; Kodoatie, 1996). Air tanah adalah air yang menempati rongga-rongga dalam lapisan geologi. Lapisan tanah yang terletak di bawah permukaan tanah dinamakan daerah jenuh ( saturated zone ) (Soemarto, 1989). Air yang berada pada zona jenuh adalah bagian dari keseluruhan air sub permukaan yang biasa disebut air tanah ( groundwater ). Air bawah tanah ( underground water dan sub terranean water )adalah istilah lain yang digunakan untuk air yang berada pada zona jenuh, namun istilah yang lazim digunakan adalah air tanah (Johnson, 1972). Air tanah ( groundwater ) merupakan air di bawah muka air tanah dan berada pada zona jenuh air dan menurut Davis dan De Wiest (1

KELEMBABAN UDARA (SIKLUS HIDROLOGI)

KELEMBABAN UDARA (SIKLUS HIDROLOGI) •      Kelembaban udara menyatakan tentang jumlah atau banyaknya uap air yang terkandung dalam atmosfer pada suatu saat dan tempat tertentu. •     Uap air merupakan unsur atmosfer yang memegang peranan penting dalam terjaminnya kelestarian sumber daya cuaca/iklim. •       Tekanan uap air merupakan tekanan bagian uap air yang ada dalam kolom udara sebagai bagian dari massa udara (uap air dan udara kering) pada suhu dan tekanan tertentu. PERNYATAAN KELEMBABAN UDARA v   Kelembaban Mutlak (AH) adalah massa uap air yang terkandung dalam satu satuan volume udara atau perbandingan antara massa uap air (mv) dengan volume (v) yang ditempati oleh uap air tersebut.             v   Tidak lazim digunakan untuk menjelaskan permasyalahan iklim karena kejadiannya dalam kondisi terkontro atau tertutup seperti di laboratorium. v   Kelembaban Jenis atau Kelembaban Spesifik (SH)  perbandingan massa uap air (mv) dengan massa udara le